breaking news New

Cari Tau Yuk Kuliner Khas Kutai Yang Kelezatannya Sampai Ke Hati!

Kutai Kartanegara terletak di Kalimantan Timur dan cukup terkenal karena memiliki begitu banyak sejarah dan budaya yang masih tersimpan disana. Hal itulah yang menjadi daya tarik untuk para wisatawan untuk datang ke Kutai Kartanegara hanya untuk berwisata dan menikmati waktu berlibur. Tidak jauh dari berlibur, selalu ada hidangan lezat yang menikmati semua pengunjung setiap harinya.

Kutai Kartanegara juga memiliki makanan khas yang sangat lezat dan bisa kamu cicipi langsung saat kamu berkunjung kesana. Sebagian besar makanan khas Kutai juga cukup populer dikalangan warga sekitar dan wisatawan. Makanan khas Kutai memiliki cita rasa yang sangat sedap dan tampilan yang menggoda. Aroma yang diciptakan juga tidak pernah bisa dibohongi.

Nah, cari tau dulu yuk kuliner khas Kutai Kartanegara yang kelezatannya sampai ke hati.

1. Sayur Asam Kutai

Sayur ini termasuk sebagai kuliner khas Kutai yang cukup menarik untuk dicoba. Terlihat seperti sayur asam biasanya hanya saja memiliki perbedaan bahan utama yang digunakan, yaitu penggunaan kepala ikan gabus.

Sayur Asam Kutai diolah dengan beberapa bahan tambahan diantaranya kangkong, jantung pisang batu, dan potongan talas. Makanan ini juga biasa ditambahkan dengan asam sunti sehingga menciptakan cita rasa yang sangat lezat dan khas.

2. Ayam Cincane

Makanan khas Kutai ini adalah salah satu kuliner yang disukai oleh banyak warga setempat dan wisatawan. Ayam Cincane terlihat seperti ayam bakar biasanya hanya saja menggunakan bumbu khas sebagai cita rasa yang menarik untuk dicoba.

Dahulu makanan ini biasanya ada di acara pernikahan atau upacara adat, hanya saja sekarang sudah sangat jarang. Kamu bisa menemukannya di restoran hingga warung kaki lima. Makanan ini bisa dinikmati oleh hampir semua orang Indonesia.

3. Gance Ruan

Makanan khas Kutai yang terakhir adalah Gance Ruan yang menggunakan bahan utama ikan haruan atau biasa disebut sebagai ikan gabus. Makanan ini cukup populer bagi warga lokal dan wisatawan karena menciptakan cita rasa yang lezat dan tampilannya juga sangat menggugah selera.

Gance Ruan dibuat dengan menaburi ikan dengan garam, lalu membakar ikan tersebut di atas bara api, serta ditambahkan dengan tumisan bumbu bawang. Menciptakan sensasi yang lezat dan gurih dijamin bikin kamu penasaran untuk mencobanya.